Laman

Rabu, 09 November 2011

Manfaat Sarapan Pagi bagi Pelajar


Tahu kah kamu kenapa kita harus sarapan….? Ketika kita bangun pagi yang kita sering rasakan adalah rasa asam di mulut, mual, ngantuk, lemas, dan malas… Hmm hal itulah yang kadang membuat kita untuk malas sarapan. Padahal banyak manfaatnya lho …. kita sarapan. Apa lagi saat akan menghadapi Ujian sekolah.
Nah berikut adalah manfaat dari sarapan pagi:
1. Menurut para ahli sarapan dapat meningkatkan konsentrasi belajar. Dengan sarapan, energy kita yang tadinya kosong menjadi bertambah. Sarapan menyediakan bahan bakar bagi otak kamu untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan ingatan. Nah hal ini yang membuat kerja otak kita bekerja tetap baik. Karena asupan energy tidak telat.

2. Memberi kekuatan metabolisme setelah sepanjang malam . Selama kita tidur semalaman banyak energy atau tenaga yang terkuras. Makanya kita sering merasa lemas saat pagi hari. Saat pagi hari kondisi tubuh kita membutuhkan asupan sari makanan untuk memulai kegiatan. Sarapan menjadi pengganti waktu makan malam yang tidak terisi makanan serta menambah kebutuhan gula kamu. Gula adalah sumber energi yang diserap dari karbohidrat yang kamu makan. Di pagi hari, setelah kamu tak mengkonsumsi makanan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh kamu menurun ketingkat yang paling rendah. Saat itu terjadi, tubuh kamu menggantinya dengan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glycogen
3. Dengan sarapan, berarti kamu memelihara berat tubuh tetap sehat alias “langsing” . Sarapan dengan baik akan menjaga kamu dari rasa lapar berlebihan. Makanan yang dimakan saat sarapan dapat menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Kalau kamu tidak sarapan , kamu akan mengantikan rasa lapar dengan ngemil sepajang pagi hingga menjelang makan siang. Nah hal ini akan mendorong kamu untuk makan lebih banyak di siang harinya.
Pentingkan… Makanya ayo kita biasakan sarapan pagi
Sesibuk apa pun, selalu luangkan waktu untuk sarapan. Apalagi jika hari ini Anda akan menghadapi ujian atau pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Penelitian menunjukkan pelajar yang rutin makan pagi memiliki daya ingat dan konsentrasi lebih baik dibanding yang berangkat dari rumah dengan perut kosong.
Ketika kita tidur malam selama 8-10 jam, tubuh akan menghabiskan cadangan glukosa dalam tubuh. Di pagi hari, penurunan glukosa ini bisa menyebabkan rasa mengantuk, kurang waspada serta hilangnya konsentrasi.
Kendati begitu, menu sarapan sebaiknya tidak berlebihan. “Kalau sarapannya terlalu banyak, semua aliran darah akan menuju ke saluran cerna dan hanya sedikit yang mengalir ke otak sehingga kita malah mengantuk,” kata dr.Inge Permadhi, Sp.GK, ahli gizi dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Menu sarapan yang bisa dikategorikan sebagai “bahan bakar” otak adalah yang kaya serat, mengandung karbohidrat serta vitamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lencana Facebook

kalender 2011

Powered by Calendar Labs